RESUME BERPIKIR KOMPUTASI

STRUKTUR DATA
Struktur data adalah cara menyimpan, mengambil, dan menyusun data. Struktur data memungkinkan data yang ada di komputer lebih mudah diakses dan diperbarui.

Fondasi setiap program komputer adalah data dan algoritma. Dengan algoritma, program komputer bisa menggunakan data secara efektif. Sementara struktur data ibarat kontainer yang menyimpan banyak data dengan layout tertentu. Tiap jenis struktur data memiliki layout masing-masing.

Dikarenakan memori komputer terbatas, layout (tata letak) data harus diatur dengan baik. Oleh sebab itu, penyimpanan data membutuhkan “formasi” khusus agar data lebih rapi dan tidak menghabiskan banyak memori.

Berikut analogi yang lebih sederhana untuk struktur data.

Swalayan memiliki rak dan tata letak tertentu untuk menempatkan barang-barang. Mereka meletakkan minuman, makanan ringan, roti, sabun, dan keperluan rumah tangga lain sesuai jenis dan kategori barangnya. Ketika pelanggan mencari minuman, ia bisa langsung pergi ke rak khusus minuman dan tidak perlu berkeliling ke seluruh swalayan.
Klasifikasi struktur data terdiri dari linear dan non-linear. Masing-masing klasifikasi dibagi lagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

STRUKTUR DATA TREE
Struktur data tree terdiri atas kumpulan simpul atau node dimana tiap-tiap simpul dari tree digunakan untuk menyimpan nilai dan sebuah list rujukan ke simpul lain yang disebut simpul anak atau child node.

Tiap-tiap simpul dari tree akan dihubungkan oleh sebuah garis hubung yang dalam istilah teknis disebut edge. Biasanya diimplementasikan menggunakan pointer.

Simpul pada tree bisa memiliki beberapa simpul anak (child node). Namun, jalan menuju sebuah child node hanya bisa dicapai melalui maksimal 1 node. Apabila sebuah node atau simpul tidak memiliki child node sama sekali maka dinamakan leaf node.

Struktur data ini adalah metode khusus untuk mengatur dan menyimpan data di komputer agar dapat digunakan secara lebih efektif.

Jenis tree yang paling umum digunakan adalah Binary Tree, dimana sebuah tree memiliki maksimal 2 child node.

STRUKTUR DATA GRAPH 
Graph adalah jenis struktur data umum yang susunan datanya tidak berdekatan satu sama lain (non-linier). Graph terdiri dari kumpulan simpul berhingga untuk menyimpan data dan antara dua buah simpul terdapat hubungan saling keterkaitan.
Graph di atas terdiri atas 4 buah verteks dan 4 pasang sisi atau edge. Dengan verteks disimbolkan sebagai V, edge dilambangkan E, dan graph disimbolkan G, ilustrasi di atas dapat ditulis dalam notasi berikut:

V = {0, 1, 2, 3}
E = {(0,1), (0,2), (0,3), (1,2)}
G = {V, E}
Graph banyak dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata, dimana masalah tersebut perlu direpresentasikan atau diimajinasikan seperti sebuah jaringan. Contohnya adalah jejaring sosial (seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, dkk)

ALGORITMA 
algoritma adalah rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang rumit, yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan atau menjalankan suatu kelompok masalah komputasi tertentu. Algoritma digunakan sebagai spesifikasi untuk melakukan perhitungan dan pemrosesan data. Algoritma yang lebih mutakhir dapat melakukan deduksi otomatis (disebut sebagai penalaran otomatis) dan menggunakan tes matematis dan logis untuk mengarahkan eksekusi kode melalui berbagai rute (disebut sebagai pengambilan keputusan otomatis). Penggunaan karakteristik manusia sebagai deskriptor mesin secara metaforis telah dipraktekkan oleh Alan Turing dengan terminologi seperti "memory", "search" dan "stimulus".[1]

PENGERTIAN ALGORITMA MENURUT PARA AHLI
1. Algoritma menurut (Kani, 2020, 1.19) adalah suatu upaya dengan urutan operasi yang disusun secara logis dan sistematis untuk menyelesaikan suatu masalah untuk menghasilkan suatu output tertentu.
2. Algoritma berasal dari kata algoris dan ritmis yang pertama kali diperkenalkan oleh Abu Ja’far Muhammad Ibn Musa Al Khwarizmi pada 825 M di dalam buku Al-Jabr Wa-al Muqabla. Dalam bidang pemrograman, algoritma dide?nisikan sebagai metode yang terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan sistematis untuk menyelesaikan masalah dengan bantuan komputer (Jando & Nani, 2018, 5).
3. Algoritma menurut (Munir & Lidya, 2016, 5) adalah urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan.
4. Algoritma merupakan sekumpulan instruksi atau langkah-langkah yang dituliskan secara sistematis dan digunakan untuk menyelesaikan masalah / persoalan logika dan matematika dengan bantuan komputer (Sismoro, 2005, 29).

EXPRESI LOGIKA
Ekspresi logika adalah suatu proposisi majemuk yang diubah menjadi simbol-simbol untuk menggambarkan makna kalimat proposisi. Ekspresi logika dibuat dengan mengubah penghubung kalimat dan subjek, predikat, objek menjadi variabel dan simbol perangkai logika. Perangkai logika seperti konjungsi, disjungsi, implikasi digunakan untuk menghubungkan variabel. Contoh ekspresi logika diberikan untuk mengilustrasikan pro

OPERASI LOGIKA
Operasi logika yang dimaksudkan adalah sebuah sebuah kombinasi variabel biner yang berupa masukan dan keluaran dari sebuah sistem rangkaian digital.

FLOWCHART 
Flowchart adalah diagram alur yang digunakan untuk menggambarkan alur proses atau logika dari suatu sistem. Flowchart menggunakan simbol-simbol standar untuk menunjukkan aktivitas, kondisi, dan alur logika dari proses yang digambarkan. Flowchart bisa digunakan dalam berbagai bidang, seperti pengembangan perangkat lunak, perencanaan bisnis, dan manajemen proyek.

Dengan adanya flowchart ini akan memudahkan seseorang dalam menganalisa suatu hal, seperti pendapatan yang diperoleh dalam suatu perusahaan atau dalam menyusun suatu strategi. Bagi banyak orang mungkin sudah mengetahui apa yang dimaksud flowchart.

JENIS FLOWCHART 
Diagram alir ini terbagi dalam 5 jenis yang memiliki karakteristik penggunaannya sendiri. Berikut jenis-jenis flowchart yang kamu harus tahu:

Flowchart Dokumen

Diagram alir ini dibuat memang untuk pendokumentasian yang berisi prosedur administratif dan semacamnya. Sehingga alirannya menunjukkan arus bagaimana laporan diproses dan disimpan.

Flowchart Sistem

Jenis diagram ini memberikan gambaran paling besar suatu proyek yang dikerjakan. Sehingga bisa terlihat semua detail alur setiap prosesnya.

Flowchart Data

Diagram ini mirip flowchart sistem namun lebih mendetail lagi atau lebih kompleks. Sehingga tidak hanya simbol tapi juga ada tambahan gambar penunjang agar lebih mudah dipahami.

Flowchart Proses

Flowchart jenis ini dipakai untuk menggambarkan urutan langkah yang dibutuhkan agar proses dapat berjalan. Diagram ini relatif paling mudah dipahami.

Flowchart Program

Diagram ini terdiri dari 2 diagram yaitu program logic dan detailed program. Alhasil flowchart ini sangat detail

SIMBOL FLOWCHART 
Flowchart dibuat menggunakan simbol-simbol standar yang memiliki artinya masing-masing. Berikut tabel berisi simbol flowchart yang umum digunakan:

CONTOH FLOWCHART PROGRAM
Untuk membuat sebuah flowchart sederhana kamu diharuskan untuk mengetahui setiap simbol dan juga fungsinya. Nah, di bawah ini saya akan memberikan sebuah contoh flowchart sederhana untuk menentukan apakah bilangan yang dimasukan ganjil atau genap. Berikut adalah contohnya:
Flowchart Adalah: Fungsi, Jenis, Simbol, dan Contohnya

Pembahasan:

Pertama pengguna menginput data yang berupa nilai dari bilangan bulat.
Kemudian nilai yang dimasukan diproses dengan cara dibagi dengan angka 2.
Jika sisa bagi sama dengan 0 berarti bilangan yang dimasukan adalah bilangan genap.
Jika sisa bagi tidak sama dengan 0 berarti bilangan yang dimasukan adalah bilangan ganjil.
Selesai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini